KEANEKARAGAMAN FLORA DAN FAUNA

FLORA DAN FAUNA INDONESIA BAGIAN BARAT
FLORA : Bunga cempaka kuning
Secara morfologi cempaka kuning merupakan pohon atau perdu yang mempunyai tinggi antara 3 – 6 meter. Mempunyai aroma wangi yang khas dan warna bunga yang beragam antara lain oranye, kuning atau putih krem, sesuai dengan lirik lagu Bungong Jeumpa. Dari segi ukuran, bunga cempaka kuning memiliki ukuran agak besar, helaian bunganya tersusun dalam untaian yang banyak. Buahnya sendiri berwarna coklat dan terdiri atas 2-6 biji.
Cempaka kuning merupakan satu dari sekitar 50 spesies anggota genus Michelia yang persebaran floranya mulai dari India, Indo Cina, Indo Cina, Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa dan Kepulauan Sunda Kecil. Bunga cempaka kuning dapat ditemukan dipinggir hutan dengan kondisi tanah yang subur pada ketinggian hingga 1500 mdpl. 
FAUNA : Elang jawa

Sebaran elang ini terbatas di Pulau Jawa, dari ujung barat (Taman nasional ujung kulon)  hingga ujung timur Semenanjung Blambang Purwo.  Namun penyebarannya kini terbatas di wilayah-wilayah dengan hutan primer dan di daerah perbukitan berhutan pada peralihan dataran rendah dengan pegunungan. Sebagian besar ditemukan di separuh belahan selatan Pulau Jawa. Agaknya burung ini hidup berspesialisasi pada wilayah berlereng.
Elang jawa menyukai ekosistem hutan hujan tropika yang selalu hijau, di dataran rendah maupun pada tempat-tempat yang lebih tinggi. Mulai dari wilayah dekat pantai seperti di Ujung Kulon dan Meru Betiri, sampai ke hutan-hutan pegunungan bawah dan atas hingga ketinggian 2.200 m dan kadang-kadang 3.000 mdpl. 


FLORA DAN FAUNA INDONESIA BAGIAN TENGAH

FLORA : Kayu cendana

Cendana, merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah , bahan dupa, aromaterapi , campuran parfum, serta ssangkur keris(warangka).

Di Indonesia, kayu ini banyak ditemukan di NTT, khususnya di Pulau Timor, meskipun sekarang ditemukan pula di Pulau Jawa dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya.

FAUNA : Anoa

Anoa adalah mamalia terbesar dan endemik yang hidup di daratan Pulau Sulawesi dan Pulau Buton.
Anoa merupakan mamalia tergolong dalam famili bovidae yang tersebar hampir di seluruh pulau Sulawesi. Kawasan Wallacea yang terdiri atas pulau Sulawesi, Maluku, Halmahera, Kepulauan Flores, dan pulaupulau kecil di Nusa Tenggara.

Salah satu kawasan yang memiliki flora dan fauna endemik Sulawesi antara lain Kawasan Poso.


FLORA DAN FAUNA BAGIAN TIMUR

FLORA : Tanaman matoa
Matoa adalah tanaman buah khas Papua, tergolong pohon besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm.Penyebaran buah matoa di Papua hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian ± 1200 m dpl.

Matoa juga terdapat di beberapa daerah di Sulawesi, Maluku, dan Papua New Guinea.

FAUNA : Burung cenderawasih
Burung Cenderawasih merupakan anggota famili Paradisaediae dari ordo Passerifarmes. Mereka ditemukan di Indonesia timur, pulau-pulau selat Torres, Papua Nugini dan Australia timur.

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS BIOSFER